Lama tidak menulis blog, jadi kangen nulis nih. Kali ini saya ingin share tentang Bahan Ajar Digital Universitas Terbuka atau biasa di singkat BAD.

Saya ingat saat kuliah umum 2016 silam. Tepatnya 7 agustus di KJRI Johor. Ibu Tian Belawati selaku rektor pada waktu itu menjadi pembicara. Sebuah kebahagiaan bagi kami sebab pokjar kami dengan bantuan dari KJRI Johor mampu mendatangkan beliau.

Ada yang kuingat dari sekian banyak kata-kata yang beliau lontarkan. Bahwa di awal tahun 2017 Bahan Ajar Digital bisa di akses dengan mudah oleh seluruh mahasiswa. Selain kedatangan beliau menjenguk kami di Johor Malaysia, maka satu ini juga menjadi salah satu hadiah yang beliau bawa untuk kami.

Seketika gemuruh tepuk tangan menggema dengan sorak gembira dari teman-teman menyambut dan menerima hadiah paling indah ini.

Memang betul adanya, diawal 2017 Bahan Ajar Digital bisa kita akses dengan mudah melalui salah satu aplikasi android bernama “Bahan Ajar Digital UT”. Selain mengakses kita juga bisa mendownload dalam bentuk pdf.

Bahan Ajar Digital layaknya sebuah modul. Bukan lagi layaknya tapi memang sebuah modul UT dalam bentuk ebook. Hal ini membantu kita dan juga menjadi alternatif yang bisa kita gunakan untuk belajar dan membaca sembari menunggu Bahan Ajar Cetak kita dapatkan.

Lalu bagaimana mengkases BAD dari UT ini?

BAD bisa kita akses setelah kita mengaktifkan UT Online melalui elearning UT dan untuk Mahasiswa Baru bisa mengakses setelah 1 atau 2 minggu dari pengaktifan UT Online.

Langkah selanjutnya adalah mengunjungi ecampus UT. Alamat ecampus UT adalah ecampus.ut.ac.id dan nantinya akan di bawa ke halaman office360 milik dari microsoft.

Di halaman ini kita akan di minta memasukkan username dan password. Username kita adalah nimkita@ecampus.ut.ac.id (misalkan : 0203312xx@ecampus.ut.ac.id) dan passwordnya adalah P@ssw0rd (pastikan menulis seperti itu tanpa merubah).

Langkah selanjutnya adalah buka aplikasi Bahan Ajar Digital UT yang sudah kita download dari playstore. Masuk ke menu library kemudian cloud.

Selanjutkan akan diminta memasukkan username dan password. Username sama seperti di ecampus tadi tapi untuk password di BAD ini adalah Ut+tanggal lahir. Sebagai contoh adalah Ut02031945. Dan login.

Selesai, jadi kita bisa memanfaatkan Bahan Ajar Digital ini untuk kita baca. Update modul di BAD ini secara otomatis sesuai MK yang kita registrasikan. So jangan kuatir lagi jika belom ada modul.

Tidak ada alasan lagi ya bilang dapat nilai jelek karena tak bisa baca sebab tak punya modul.

Salam Kapan Lulus.

Satu tanggapan untuk “Bahan Ajar Digital Universitas Terbuka”

  1. Mas, pdf yang sudah didownload, bisa dishare ke tempat lain selain tersimpan di memori HP/gadget kita?

    Suka

Tinggalkan komentar

Sedang Tren