Tepatnya sudah lupa kapan? Waktu itu aku menghadiri pertemuan rutin UT Pokjar Johor di KJRI. Yang awalnya datang karena memang ada jadwal pertemuan namun akhirnya dapat pengalaman.

Pak Gupran, selaku sebagai ketua DPM memintaku mengisi salah satu posisi di kepengurusan Mahasiswa UT Pokjar Johor. Informasi dan Tekhnologi adalah posisi yang ditawarkan.

Awalnya aku berpikir keras terhadap posisi ini. Bukan karena gak bisa namun jujur saja kita yang sebagai pekerja akan kesulitan mengatur waktu. Hal yang paling utama adalah bekerja sesuai prosedur datang ke Malaysia ini bukan? Namun akhirnya aku menerima tawaran itu. Tentu saja dengan ketakutan nantinya akan seperti apa?

Dengan berjalannya waktu aku mampu menguasai dan mengatur waktu. Menyalurkan berbagai informasi yang didapat ke teman-teman mahasiswa lainnya. Tentu aku bukan kerja sendiri. Ada Endri sebagai wakil juga Pak Gupran yang sesekali mengambil alih pekerjaanku jika aku terlampau sibuk. Atleast aku menikmati semua. Mulai dari diskusi segala hal sampai persiapan sebuah kegiatan-kegiatan UT. Bahkan juga berdebat jika berbeda pendapat. Sebuah pengalaman bukan?

Selain itu aku juga membantu mahasiswa lainnya untuk menyelesaikan beberapa masalah belajar. Entah tuton juga yang lainnya. Actually aku ini belom paham apa-apa. Ya, sok-sokan aja bilang tahu meski pada akhirnya tanya ke Mbah Google.

Pernah waktu itu, ada yang bertanya cara pindah UPBJJ atau apapun yang berhubungan dengan administrasi. Ika mengarahkan penanya ke aku yang sebenarnya juga aku gak tahu. Sama dengan Ika yang sebagai Administrasi di UT Johor. Namun karena itu semua aku belajar dan menjadi tahu kemudahan yang sudah diberikan oleh UT.

Dari yang menyenangkan hingga yang menyebalkan pernah aku alami. Mulai dari telpon di whatsapp pukul dua malam hanya untuk tanya masalah tuton yang belom update atau nilai yang belom keluar. Atau hanya curhat masalah inisiasipun pernah aku alami. Selain itu handphone aku terus berbunyi dengan pertanyaan-pertanyaan yang berbeda.

Pun juga pernah dimarahi balik karena aku salah jawab pertanyaan dari teman mahasiswa yang telpon ketika dia mengalami masalah. Semua itu tentu menjadi sebuah wadah dalam belajar. Dan waktu tak kan bisa diulang.

3/4 tahun berada diposisi ini tentu memberi pengalaman baru bagi aku. Karena harus pulang ke Indonesia aku tidak mampu menyelesaikan setahun pas posisi ini. Arizta Abdilah, salah satu mahasiswa yang baru bergabung dipercaya mengisi posisi ini. Aku berharap dia akan mampu meneruskan tugasku dengan baik.

And than, aku sangat berterima kasih atas kesempatan yang sedikit ini. Meski hanya sebentar namun sangat banyak pelajaran yang bisa aku ambil. Maju terus UT Pokjar Johor.

Kiswanto…

Tinggalkan komentar

Sedang Tren